Ads (728x90)

Kepulauan Karimunjawa
Obyek wisata karimunjawa - Karimunjawa merupakan kepulauan di laut jawa termasuk kabupaten jepara , jawa tengah , saat ini karimunjawa telah dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata yang mulai digemri wisatawan lokal maupun mancanegara.

Karimunjawa dikembangkan menjadi wisata taman laut , mempunyai ciri taman laut yang sangat khas dan juga pesona alam yang sangat indah

Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu dari tempat itu, ada beberapa “kelemahan” yang dimilikinya, yang membuat trip ke sana –mulai dari di perjalanan sampai pada saat kita di lokasi— masuk dalam kategori “agak menyusahkan”. Tetapi pay-off­-nya pun tidak main-main. Ragam pemandangan pulau-pulaunya lebih kaya dari Pulau Seribu. Koleksi terumbu karangnya juga tidak kalah menarik, ada 51 genus terumbu karang di Karimunjawa yang siap memukaumu.

Sekarang, bagi kamu yang belum pernah ke Karimunjawa,kami akan membeberkan fakta menarik perjalanan ke sana. Setelah itu, silakan menjadi juri bagi dirimu sendiri untuk memutuskan, is it worth it?

Peta wisata karimunjawa
Berikut 10 fakta menarik perjalanan wisata ke karimunjawa :

1. Akses mudah dan cepat

Kini kamu tidak perlu berlama-lama duduk di kapal ferry selama enam jam dari Jepara menuju Karimunjawa karena sudah ada KMC (Kapal Motor Cepat) Kartini dari Semarang yang hanya memakan waktu kurang lebih tiga setengah jam perjalanan. Keberangkatan dari kota asal pun semakin efisien karena ada pesawat yang menuju Semarang langsung. Untuk jadwal keberangkatannya, kamu bisa lihat di sini.


2. Pembayaran semakin mudah

Sudah ada ATM Bersama dan ATM BRI lho di Karimunjawa, jadi kamu nggak perlu repot-repot atau takut kehilangan uang karena harus membawa uang banyak ketika melakukan wisata ke karimunjawa.

3. Bisa bermain dengan hiu

Ingin bermain dengan hiu? Blacktip Reef Shark yang dikenal menyukai perairan dangkal berpasir bisa kamu temui di sebelah selatan Pulau Menjangan Besar, hanya 10 menit perjalanan dari Pulau Karimunjawa. Mereka adalah jenis hiu yang jinak dan tidak menyerang manusia. Kamu bisa snorkeling atau berenang bersama mereka tanpa harus merasa takut. Tenang saja, hiu dewasa jenis ini panjangnya saja hanya 1,6 meter. Kalau takut dengan yang besar, kamu bisa beralih ke penangkaran yang memelihara hiu yang lebih kecil.

4. Konservasi penyu langka

Kepulauan Karimunjawa adalah satu dari sedikit tempat yang konsisten melindungi penyu-penyu langka dari kepunahan. Di Pulau Menjangan besar, ada penangkaran penyu sisik dan penyu hijau, ada pula puluhan tukik atau anak penyu yang jika sudah waktunya akan dilepas ke lautan bebas.

5. Banyak spot snorkeling favorit ketika wisata ke karimunjawa

wisata ke karimunjawaPantai dan spot snorkeling favorit di Karimunjawa: Pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar, Pulau Tengah, dan Pantai Tanjung Gelam. Semua jenis pantainya adalah pantai pasir putih dengan warna air biru turquoise. Heaven!



6. Pulau imut-imut

Ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Cilik yang sesuai namanya bisa kamu kelilingi dalam waktu kurang dari lima menit. Selain banyak pohon kelapa, banyak pohon cemara juga. Pulau ini wajib untuk kamu kunjungi ketika menyusun paket wisata Karimunjawa

7. Banyak “Gosong”

Terdapat banyak gosong di tengah-tengah laut Karimunjawa, yaitu daratan pasir yang menonjol ke permukaan laut saat air sedang surut pada pagi hari dan biasanya akan meghilang ketika air sedang paang saat siang hari.

8. Tinggal di pinggir pantai

Jika sudah pernah wisata ke Karimunjawa dan menginap di rumah penduduk/ penginapan biasa, kamu bisa merasakan sensai menginap di tengah laut, yaitu di Wisma Apung atau Kura-Kura Resort.

9. Diving di sekitar bangkai kapal

wisata ke karimunjawaSudah punya license diving dan mau melihat lebih banyak lagi keindahan bawah laut Karimunjawa lebih dalam? Jangan lupa booking dari jauh-hari dan bilang kalau kamu mau di antar ke titik-titik penyelaman: Bangkai kapal Indonoor, Bangkai kapal Pinisi, Karang Kapal, Taka Menyawakan, Ezdir Reef, Hawksbill Point, Torpedo Reef, dan untuk kamu pecinta wreck dive jangan melewatkan bangkai kapal Biblis yang terkenal dengan baling-baling kapal dari perunggu dan soft coral yang cantik-cantik.

Karimunjawa Diving

10. Oleh-oleh khas Karimunjawa

Banyak hasil kerajinan tangan dan pernak-pernik hasil laut yang dijual murah di dermaga feri karimunjawa. Harganya mulai dari Rp 5.000 – Rp 80.000. Jangan lupa membeli oleh-oleh ketika wisata ke karimunjawa yaitu kayu Dewadaru, Setigi, dan Kalimasada. Toko kerajinan ini bisa kamu temui di depan homestay Prapatan.

Karimunjawa Island
Nah itulah beberapa fakta menarik seputar obyek wisata karimunjawa , bagaimana menurutmu? apakah karimunjawa layak menjadi salah satu obyek wisata yang pantas dikunjungi liburan mendatang?is it worth it? Tunggu apalagi , lets pack the bag!

Posting Komentar

Do Follow Blog..

Silahkan Berkomentar di www.anaksurabaya.com Jika Ingin Berkomentar..

Don't Spam..Not Accept Anonymous Nick