Ads (728x90)

                                                       
kepulauan Derawan? adakah yang belum mengenalnya? Kepulauan Derawan merupakan sebuah kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat ini memiliki sejumlah obyek wisata menawan yang diminati banyak wisatawan, salah satunya wisata Taman Bawah Laut.

kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata Kepulauan Derawan ^^
                                                      
Sedikitnya Derawan memiliki empat pulau terkenal dan tiga kecamatan. Menurut letak geografis, Derawan terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau.
                                              
Kepulauan Derawan memiliki beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau (hutan mangrove). Di Kepulauan Derawan pun banyak spesies yang dilindungi keberadaannya seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, dan masih banyak lagi.

Terumbu karang di Kepulauan Derawan tersebar luas diseluruh kepulauan. Tipe terumbu karang di Kepulauan Derawan terdiri dari karang tepi, karang penghalan, dan atoll. Atoll ini yang membentuk menjadi pulau dn terbentuk menjadi danau air asin. Survey Manta Tow 2013 menunjukan tutupan rata-rata terumbu karang di pulau Panjang adalah 24,25% karang keras dan 34,88% karang hidup. Dengan jumlah spesies terumbu karang di Kepulauan Derawana mencapai 460-470 menunjukan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas kedua setelah Kepulauan Raja Ampat.

                                              
                                              

Menurut survey tahun 2003 kepulauan ini menghasilkan 832 spesies ikan karang. Di seluruh bagian Kepulauan Derawan juga ditemukan Padang Lamun dengan  kondisi yang berbeda yang memiliki luas rata-rata tutupan kurang dari 10-80%. Secara ekologi dan ekonomi ekosistem ini sangat penting, namun keberadannya terancam oleh kediatan manusia dan gangguan lainnya. Dipulau Derawan ini terdapat dua jenis padang lamun yang dominant Thalasia hemprichii dan Holophila ovalis serta empat spesies padang lamun lain yang ditemukan di sekeliling pulau.
                                           
                                                 
Mangrove juga dapat ditemukan di kepulauan Derawan ini, di kawasan Delta Berau sendiri dimanfaaatlan masyarakat secara tradisional sebagai mata pencaharian. Dalam sepuluh tahun terakhir mangrove di Berau telah banyak di konservasu. Hasil kajian evaluasi ekonomi dan konservasi mangrove menunjukan bahwa nilai ekonomi hutan mangrove memberikan mangfaat langsung.
                                            
                                      

Tahun 2005 lalu Kepulauan Derawan juga telah dicalonkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Untuk transportasi menuju Kepulauan Derawan sendiri dapat dituju melalui penerbangan ke Balikpapan, Kalimantan Timur dari Jakarta, berikutnya anda dapat mengambil penerbangan penghubung ke Tanjung Redep di Berau. Dari sana menggunakan kapal laut kalian diantarkan menuju Kepulauan Derawan.


Sekian untuk postingan kali ini, semoga suka dan selamat membaca ^o^)/

Posting Komentar

Do Follow Blog..

Silahkan Berkomentar di www.anaksurabaya.com Jika Ingin Berkomentar..

Don't Spam..Not Accept Anonymous Nick