Ads (728x90)

        Apa yang kalian pikirkan bila membicarakan masalah pemanasan global? Hutan gundul kah? Bolongnya ozon bumi kah? Atau yang lainnya? Kali ini kita akan membahas tentang meningkatnya suhu bumi akibat pemanasan global yang cukup mengkhawatirkan.

Baru-baru ini peneliti mengatakan bahwa dampak buruk cuaca akan bermula diwilayah bagian tropis, bukan arktik. Hewan-hewan tropis akan lebih dulu kepunahannya dibandingkan beruang kutub. Dalam jangka waktu sepuluh tahun kedepan, peneliti memprediksi wilayah tropis yang termasuk Indonesia akan lebih  dulu menderita akibat perubahan iklim dibanding wilayah bagian kutub. Laporan tersebut tercantum dalam Jurnal Nature pada 9 oktober sebagaimana dikutip LiveScience, Jumat (11/10).

Penduduk dunia, terutama dibagian tropis akan mengalami perubahan iklim yang extreme. Penelitian juga menyebutkan kota New York akan menjadi kota dengan suhu paling tinggi didunia pada tahunn 2047 nanti. Hal itu bakal terjadi apabila penduduk bumi tetap melepaskan emisi gas karbon dalam jumlah yang sama seperti saat ini dalam lima tahun kedepan.
“Musim dingin dimasa datang akan lebih panas dari musim kemarau paling panas sejak 150 taun lalu”, kata Camilo Mora, kepala peneliti dari University of Hawaii.

Perubahan iklim pada bumi juga terjadi  pada peningkatan kadar asam dilautan, perubahan curah hujan, dan peningkatan muka laut. Penelitian memprediksi perubahan cuaca dan iklim saat ini. Wilayah tropis berada digaris khatulistiwa dikatakan sensitive terhadap perubahan iklim yang sangat dapat merusak ekosistem yang ada. Peningkata suhu panas dan sedikitnya curah hujan akan membut tumbuhan dan hewan-hewan tropis mati secara perlahan atau sedikit demi sedikit.

Peneliti juga membuat peta tentang peningkatan suhu yang terjadi berdasarkan tahun. Peningkatan suhu extreme di Indonesia diperkirkan terjadi pada 2029 di Jakarta dan 2020 di daerah Papua. “Kami tak menganggap wilayah kutub akan baik-baik saja. Kami hanya mengungkapkan fakta yang membuktikan dampak buruk paling besar akan terjadi di wilayah tropis.” Kata Mora.

Kendati demikian peneltian tak menjelaskan secara spesifik spesies apa saja yang akan mengalami kepunahan lebih dulu. Ini disebabkan karena kemampuan bertahan hidup setiap spesies berbeda.(okezone/11/10/13)

Itulah mengapa sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa yang hidup dijaman teknologi agar sebisa mungking mengkondisikan agar kita nyaman lingkungan aman. Dampak negative dari pemanasan global sangatlah paah yang bahkan dapat membuat kepunahan umat manusia.

So, mulaiah kesadaran diri dalam menjaga lingkungan. Sayangi lingkungan sebagai mana kamu mencintai hidupmu karen tanpa lingkungan yang baik hidup pun tak akan ada.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat \(^o^)/

Posting Komentar

Do Follow Blog..

Silahkan Berkomentar di www.anaksurabaya.com Jika Ingin Berkomentar..

Don't Spam..Not Accept Anonymous Nick