Ads (728x90)

Pernahkah kalian mengunjungi suatu pantai? Pantai dengan panoramanya yang indah, hamparan laut dan langit biru yang jernih dengan pasir-pasir pantai yang menjadi pijakan sudah menjadi hal biasa bila kita mengunjungi sebuah pantai. Lalu bagaimana bila pasir tersebut berwarna merah muda? Seperti apakah keindahannya?

                         

Pink Beach sebuah pantai dengan butiran pasir berwarna merah muda mempermanis keindahannya. Pink Beach adalah pantai yang tidak berpenghuni yang terletak di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Selain pasir pantai yang mempesona batu-batuan karangnya pun sangat mempercantik keindahan disana, dipadukan dengan langit biru dan lautan yang jernih. Walau tidak berpenghuni nmun tempat ini sangatlah indah.

Paket perjalanan Pink Beach biasanya digabungkan dengan paket tujun wisata lain di Taman Nasional Komodo, terutama ditiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Untuk perjalanannya semisalkan kita menaiki pesawat dari Jakarta kita akan transit diBali terlebih dahulu. Dari Bali perjalanan diteruskan ke Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut pulau Flores yang merupakan gerbang menuju Pulau Komodo.

Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai A World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1986 lalu, alasannya tidak lain dan tentu saja karena Komodo yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis ini telah terancaman kepunahannya.

Mengingat Pink Beach merupakan kawasan tidak berpenghuni, untuk menemukan penginapan dan akomodasi lainnya bisa didapat di Labuan Bejo. Namun apabila kalian memang ingin menginap di Kampung Komodo bertanyalah kepada penduduk setempat atau kepada guide anda karena tersedia Home Stay dirumah penduduk dan tentu saja dengan keadaan yang sangat sederhana, termasuk ketersediaan makanannya juga yang sederhana.

Oleh karenanya juga sangat dianjurkan membawa bekal makanan dan minuman saat pergi kesana. Terutama untuk membawa bekal minuman untuk menghindari dehidrasi karena udara akan sangat panas. Tetapi jangan lupa membawa pulang kembali bekal-bekal sisanya.

Penyebab merah mudanya pasir Pink Beach :
Pasir merupakan material berupa butiran dengan ukuran 0,0625-2mm. Pasir berasal dari berbagai macam benda, biasanya pasir berubah menjadi butiran karena adanya proses pelapukan. Jenis batuan menentukan waarna pasir yang berada dipantai. Sebenarnya Pink Beach tidak keseluruhan memiliki pasir berwarna Pink, namun merupakan campuran antara putih  dan merah.

Warna merah tersebut berasal dari koral, pecahan karang, dan kalsium karbonat dyang berasal dari hewan-hewan laut disana. Selain itu warna merah juga berasal dari makhluk mikroskopik bernma foraminifera yang memiliki cangkang tubuh kemerahan.

Sebetulnya selain pasir merah muda pantai berpasir hijaupun ada, kita dapat menemuinya di Papakolea, Hawaii. Pasir pantai ini berwarna hijau tua surealis seperti warna rumput karena mengandung mineral olivine, unsure utama yang dihasilkan gunung berapi di Hawaii.

                        

Selain itu kita juga dapat menemukan pantai berpasir ungu di panta Pfeiffer, California. Warna ungu ini disebabkan oleh kandungan mineral mangan pada pasirnya.

                  


Oke sekain postingan kali ini dengan Pink Beachnya, sampai jumpaa ^o^)/

Posting Komentar

Do Follow Blog..

Silahkan Berkomentar di www.anaksurabaya.com Jika Ingin Berkomentar..

Don't Spam..Not Accept Anonymous Nick